September 16th, 2008 by youlee

Terkadang saat kita akan melakukan perjalanan ke luar kota (mudik/luarkota) sering bingung sendiri, kapasitas tas terbatas, budget ngepas, tapi keinginan luaasss..apalagi jk bepergian sama kluarga. Ada beberapa tips supaya perjalanan kita sukses :

  1.  Cari info sebanyak-banyaknya kota yang akan kita tuju, mulai dari web site, teman yang berasal dari kota tersebut, peta daerah, nomor2 telepon yang penting (Hotel, Rumah Sakit, Resto, tempat wisata, kepolisian/keamanan)
  2. Untuk transportasi hitung waktu dan anggaran yang tersedia, mana yang lebih menguntungkan jalan darat, laut udara atau malah membawa kendaraan sendiri ?  
  3. Kondisi keluarga juga jadi pertimbangan, misal anda masih mempunyai bayi atau anak-anak yang masih kecil pertimbangkan kebosanan selama perjalanan, mungkin ada mainan/boneka kesayangan untuk menenangkan?
  4. Gimana nih kalau budget yang ngepas? Beberapa hal bisa dihemat misal biaya hotel, coba inget-inget ada saudara/teman gak di kota tujuan tersebut..minimal numpang mandi/transit. Sambil bersilaturahim…jangan lupa bawa oleh-oleh
  5. Bawaan..duh repotnya kalo jalan-jalan ransel full ditambah tentengan tas kresek2..mana nyaman? Biasakan bawa baju ngepas aja, di tempat tujuan/kota/tempat wisata biasanya ada kaos2 murah ciri khas daerah/kota/ tempat wisata tersebut. Bisa untuk ganti.  Waktu berangkat usahakan  tas tidak diisi penuh, sisakan sepertiga dari tas masih kosong..(nanti bisa kita isi oleh2 buat saudara/teman). Sehingga pulang kita tetap nyaman tanpa tas tambahan.
  6. Untuk yang sudah berkeluarga anak-anak yang sudah besar bisa diberi tanggung jawab membawa barangnya sendiri-sendiri ( mulai dari baju sampai perlengkapan mandi)..sehingga mereka juga akan mempertimbangkan dua kali bila minta dibelikan sesuatu yang susah dibawa.
  7. Untuk para wanita (biasanya paling heboh)..bawa kosmetik urgen ( bedak+lipstick)..riasan ga usah perfect masak satu koper tersendiri seperti perias pengantin?
  8. Obat-obatan, minimal P3K..untuk sakit-sakit ringan seperti pusing kepala, masuk angin, lecet-lecet.
  9. Olah Raga/stretching, perjalanan panjang: duduk terlalu lama…bila memungkinkan lakukan senam-senam ringan untuk tangan, kepala/leher, pinggang. Bila membawa mobil/kendaraan sendiri, lebih bagus jika tidak menjama sholat supaya kita sering istirahat/mampir ke mesjid.
  10. Kembali dari perjalanan juga jangan terlalu dekat dengan hari kerja, bila kantor sudah harus masuk hari senin, pulanglah di hari sabtu.  Minimal kita sempat sehari (hari minggu) beristirahat/penyesuaian/beres-beres sebelum masuk kerja. 

Apakah anda punya tambahan pengalaman/kiat-kiat lain untuk sukses perjalanan ?

4 Responses to “Tips Sukses Perjalanan Keluar Kota / Mudik”

  1. Wah mo mudik kok ribet banget…….! Gak jadi mudik wae ah…! he..he..he

  2. I can see the expression of your personality. CHuju approaching its end.

  3. Nice site, thanks for information!

  4. Not bad… Not bad.

Leave a Reply